Halaman

Rabu, 13 Oktober 2010

LINGKUNGAN PERUSAHAAN

Universitas Gunadarma

·        Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan

Istilah tanggung jawab sosial menunjukan pertimbangan manajemen tentang pengaruh-pengaruh sosial di samping juga pengaruh ekonomi dari keputusan-keputusannya. Tanggung jawab sosial tersebut mencakup hal-hal seperti bidang kesehatan, informasi konsumen, praktek tanpa diskriminasi, dan pemeliharaan lingkungan fisik.

o       Pengertian Lingkungan Perusahaan

Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya, termasuk aspek-aspek ekonomi, politik, sosial, etika-hukum, dan ekologi/fisik dan sebagainya.

Perusahaan dalam Masyarakat yang Pluralistik

            Masyarakat yang pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Dalam masyarakat pluralistik, terdapat banyak pusat kekuasaan, masing-masing mempunyai sifat mandiri. Hubungan-hubungan yang baik dapat terjadi dengan saling memberi melalui kompromi. Dalam hal ini, pluralisme mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukna kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.

Kesan Negatif Mengenai Perusahaan

            Dari pemberitaan pers yang dapat kita ikuti, banyak masalah yang menciptakan kesan negatif tentang perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya, pembayaran-pembayaran yang tidak ilegal, dan sebagainya.

Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif

            Untuk memperbaiki kesan negatif dari masyarakat terhadap perusahaan yaitu, perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif, saran dari pemerintah dan keluhan dari masyarakat harus dipertimbangkan.

·        Lingkungan Fisik, Energi dan Konservasi

            Dari masalah-masalah ekonomi sosial, salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.

o                   Ekologi

            Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya.

o                   Macam-macam Polusi

            Populasi merupakan pengrusakan lingkungan alam di mana kita hidup dan bekerja. Macam-macam polusi diantaranya :

a.      Pencemaran udara

b.      Pencemaran air

c.      Pencemaran sampah awet


o                   Energi dan Konservasi

            Sumber energi matahari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hampir tidak ada, biaya yang murah dan bebas polusi. Sebagian besar penggunaan energi di dunia ini masih bergantung pada minyak dan gas.

·        Lingkungan Perekonomian dan Perpajakan

o       Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah

            Penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari :

a.      Penerimaan dalam negeri, meliputi: pajak langsung, pajak tidak langsung, penerimaan minyak dan penerimaan bukan pajak.

b.      Penerimaan pembangunan, meliputi : bantuan program dan bantuan proyek.

Sedangkan pengeluaran pemerintah dapat di golongkan ke dalam :

a.      Pengeluaran rutin, berupa : belanja pegawai, subsidi daerah, bunga dan cicilan utang, dll.

b.      Pengeluaran pembangunan, usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan nasional dilakukan dengan melaksanakan pembangunan sektoral maupun regional.


·        Lingkungan Hukum

Kebiasaan-kebiasaan, tradisi, peraturan-peraturan, konstitusi dan keputusan-keputusan suatu lembaga merupakan sumber dari sistem hukum yang berlaku. Hukum yang ada di Indonesia dapat digolongkan ke dalam :

a.       Hukum Publik

Mengatur masalah-masalah yan menyakut kepentingan dan keamanam umum. Pengertian umum meliputi: seseorang, sekelompok orang, masyarkat dan negara. Aturan-aturan dalam hukum publik meliputi: hukum tata negara, hukum tata usaha dan hukum pidana.

b.      Hukum Privat

Merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungna dengan kepentingan seseorang atau kelompok-kelompok dalam masyarakat. Termasuk ke dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.

          

            Kedua macam hukum tersebut, tercakup dalam suatu kerangka dasr tata hukum Imdonesia, yaitu Undang-Undang Dasar 1945.


·        Lingkungan Pemerintah

Pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk, anatara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten, serta pengadaan kontrak-kontrak. Di sini terdapat suatu dorongan yang membantu secara langsung pada masing-masing sektor dalam perekonomian.


o    Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha

Pemerintah juga membantu perusahaan-perusahaan kecil atau menengah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen. Bantuan semacam ini sering dinamakan subsidi.

a)      Bantuan di Bidang Transportasi

Hampir di setiap sektor pengangkutan, Pemerintah banyak memegang peranan. Pada sektor perkereta-apian misalnya, sepenuhnya dikuasai Pemerintah yang di atur oleh Perusahaan Jawatan Kereta Api. Usaha-usaha Pemerintah melalui perusahaan Garuda Indonesia Airways (GIA) di sektor angkutan udara, PELNI di sektor angkutan laut dan DAMRI di sektor angkutan darat.

b)      Bantuan pada Perusahaan Kecil

            Bantuan kepada perusahaan-perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu :

§         Bantuan finansial

Bantuan finansial telah banyak di beriakan kepada para pengusaha kecil, terutama pengusaha pribumi melalui lembaga-lembaga keuangan yang ada (bank).

§         Bantuan pemberian kontrak

Baik berupa jasa maupun pembelian hasil produksi, secara langsung dapat mendorong kegiatan pemasarannya.

§         Bantuan teknik dan manajemen

Umumnya diberikan kepada koperasi-koperasi dengan tujuan untuk meningkatkan usaha-usaha para anggota koperasi secara bersama-sama dan merata.

c)      Bantuan di Bidang Komunikasi

Bidang komunikasi didukung dengan usaha-usaha pengembangan ruang angkasa seperti penggunaan satelit. Usaha-usaha semacam ini sangat mendorong majunya usaha di bidang komunikasi.

Pengaruh pemerintah di bidang usaha sangat besar. Untuk melindungi kehidupan usaha itu sendiri juga untuk melindungi kehidupan perekonomian pada umumnya. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan menyangkut bidang-bidang transportasi, komunikasi, pelayanan umum (listrik, air minum dan sebagainya), energi dan sebagainya.


·        Lingkungan Internasional

Lingkungan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah ekonomi dunia. Keadaan perekonomian nasional menjadi sangat terpengaruh dan saling tergantung pada masalah-masalah internasional.

o       Neraca Pembayaran Internasional

Keadaan perekonomian internasioanal beberapa negara ditunjukan dalam neraca pembayarannya. Neraca pembayaran ini menggambarkan transaksi-transaksi internasional, yaitu jumlah utang negara A kepada negara B dan jumlah utang dari negara B kepada negara A. Suatu konsep penting yang berhubungan dengan neraca pembayaran adalah neraca perdagangan. Jika nilai impor lebih besar dari nilai ekspor, maka keadaan neraca perdaganggan tidak menguntungkan, keadaan sebaliknya akan mengakibatkan keuntungan di neraca perdagangan.

o       Perusahaan-perusahaan Multinasional

Beberapa negara mengadakan perhimpunan negara-negara untuk bekerjasama di bidang ekonomi. Di Eropa telah terbentuk Pasaran Bersama Eropa (PBE) yang terdiri atas negara-negara Perancis, Jerman Barat, Italia, Nederland, Belgia, Luxemburg dan Inggris. Di Amerika Tengah dengan nama Centtal American Common Market, meliputi Argentina, Brazil, Chili, Columbia, Ecuador, Mexico, Paraguay, Peru dan Uruguay. Di Asia tenggara dengan nama Association of South  East Asian Nations (ASEAN).

o       Kegiatan-kegiatan Multinational

            Perusahaan-perusahaan multinasional bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu negara saja, tetapi juga ke negara-negara lain. Perusahaan multinasional mengadakan perjanjian lisensi atau kontrak-kontrak khusus yang ditandatangani bersama dengan pemerintah. Adanya perusahaan multinasional dapat membantu memperbaiki kondisi perekonomian dari suatu negara terhadap negara lain.

o       Ciri-ciri Perusahaan Multinasional

            Sebagian dari penanaman modal asing di negara-negara sedang berkembang diusahakan di bidang sumberdaya alam, sisanya di bidang pengolahan, perdagangan, prasarana, transport, perbankan, turisme dan jasa-jasa lainnya.

o       Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional

a.      Kebaikan Perusahaan Multinasional :

§         Menambah devisa negara melalui penanaman modal di bidang ekspor;

§         Mengurangi kebutuhan devisa untuk impor di sektor industri;

§         Membuka lapangan kerja baru;

§         Memoderinisir industri;

§         Dll.

b.      Keburukan Perusahaan Multinasional :

§         Dapat merusak  kehidupan politik dan ekonomi negara;

§         Semakin banyak perusahaan multinasional yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara. Tetapi jika jumlahnya sedikit, maka kuantitatifnya tidak banyak;

§         Penyusutan/depresiasi, dalam prakteknya sering digunakan untuk menyembuntikan keuntungan agar tidak terkena pajak;

§         Dll.

o       Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional

            Untuk menjual barang ke luar negeri atau mengimpor barang dari luar negeri, sering diperlukan adanya lembaga-lembaga perantara yang disebut middlemen, dibedakan ke dalam empat golongan, yaitu :

a.       Export and import commission house

Merupakan waki-wakil dari pembeli. Export and import commission house menerima komisi atas dasar nilai barang yang diekspor.

b.      Merchant exporters and importers

Memperoleh penghasilan dari hasil keuntungan dalam perdagangan. Mereka membeli barangbarang dalam negeri dan menjualnya kembali ke luar negeri, atau sebaliknya.

c.       Manufacturer’s export agents

Export agents bertindak sebagai departemen/bagian eksport dari sebuah perusahaan/produsen atau sekelompok perusahaan.

d.      Export and import brokers

Makelar (brokers) dalam kegiatan eksport-import berusaha mempertemukan pembeli dan penjual bersama-sama.

o                   Perkembangan Eksport dan Import Indonesia

            Impor yang dilakukan oleh Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongan barang, yakni :

1.      Barang konsumsi, terdiri atas : beras, tepung terigu, tekstil, dll.

2.      Bahan baku dan penolong, terdiri atas : cengkeh, bahan kimia, bahan cat, pupuk, kertas, benang tenun, dll.

3.      Barang modal, terdiri atas : mesin, generator listrik, alat telekomunikasi, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar